Kebangkitan Real Madrid Berkat Tangan Dingin Santiago Solari

Kebangkitan Real Madrid Berkat Tangan Dingin Santiago Solari

Jakarta – Mengacu kepada aturan yang berlaku di La Liga, usia jabatan caretaker Santiago Solari sebagai pelatih Real Madrid seharusnya sudah berakhir. Sebab, sejak ditunjuk, Real Madrid hanya punya waktu dua pekan mencari pelatih permanen menggantikan Julen Loptegeui.

Kekalahan demi kekalahan yang dialami Real Madrid telah membuat manajemen mengambil keputusan mengejutkan di awal musim ini. Pada 29 Oktober lalu, Real Madrid mengumumkan pemberhentian mantan pelatih timnas Spanyol tersebut dari jabatannya.

Sebagai gantinya, Real Madrid lalu menunjuk Solari–pelatih yang sebelumnya menangani tim Castilla. Statusnya sebagai pelatih caretaker. Dan sesuai aturan yang dikeluarkan Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) pelatih yang dipecat di tengah musim, Real Madrid hanya punya waktu dua pekan untuk menunjuk pelatih permanen hingga akhir musim.

Artinya, durasi Solari sebagai pelatih caretaker seharusnya sudah usai Sabtu lalu atau Minggu dinihari WIB (11/11/2018). Wajar bila wartawan kemudian menanyakan status Solari usai pertandingan melawan Celta Vigo yang dimenangkan Real Madrid dengan skor 4-2.

“Pada prinsipnya, besok adalah hari terakhir saya,” kata Solari saat itu seperti dilansir AS.

Real Madrid sejauh ini belum mengeluarkan pengumuman resmi terkait status Solari. Namun media-media ternama seperti AFP dan Reuters melaporkan bahwa RFEF telah mengkonfirmasi pengangkatan Solari sebagai pelatih permanen Los Blancos. Seperti dilansir AS, kedua media itu menyebutkan bila Solari telah memenuhi syarat yang ditetapkan RFEF.

“Semua sudah beres, Real Madrid telah menyerahkan kontraknya dan tidak ada masalaj,” ujar sumber AFP di RFEF. Laporan lain dari presenter Jugones, Josep Pedrerol, menyebutkan bahwa durasi jabatan Solari sebagai pelatih Real Madrid telah diperpanjang hingga akhir musim. Selanjutnya, Real Madrid akan menyodorkan kontrak baru hingga 2020. Menurutnya, pegumuman mengenai hal ini kemungkinan bakal disampaikan Real Madrid pada pekan ini.

Dibanding dengan pengalaman Lopetegui sebagai pelatih, Solari sebenarnya jauh tertinggal. Sebelum diangkat sebagai pelatih Real Madrid, Lopetegui sempat menukangi FC Porto dan timnas Spanyol. Sementara Solari lebih banyak menangani skuat usia muda Los Blancos. Pria asal Argentina itu sama sekali belum pernah menangani tim utama klub profesional.

Dan sebelum ditunjuk untuk menggantikan Lopetegui, Solari hanyalah pelatih tim Real Madrid Castilla. Tim cadangan Los Blancos ini hanya tampil pada Seguna Division grup B.

Namun kehadiran Solari ternyata membawa perubahan besar bagi. Sejak menjabat sebagai pelatih, Solari sudah empat kali membawa Los Blancos menang secara beruntun. Magis Solari mulai terlihat saat Real Madrid bertandang ke markas UD Melilla pada babak 32 besar Copa del Rey, 1 November lalu. Dalam duel ini, Real Madrid berhasil menang 4-0.

Dua hari kemudian, Real Madrid mengalahkan Real Valladolid 2-0 di Santiago Bernabeu. Sedangkan di pentas Liga Champions, Solari membawa Real Madrid pesta gol 5-0 di markas FC Viktoria Plzen (8/11). Sedangan yang terbaru, Real Madrid kembali menang 4-2 di markas Celta Vigo dalam lanjutan La Liga yang berlangsung, Senin WIB (12/11/2018).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *